Kegiatan menyimak yang merupakan proses interaktif harus disampaikandalam pembelajaran sebagai sebuah proses interaktifuntuk meningkatkan motivasi mahasiswa. Pada umumnya, pelajaranlistening di perguruan tinggi sangat bergantung pada kegiatan yangmonoton. Masalah serupa muncul di mata kuliah Listening I padaprodi Tadris Inggris Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo. Oleh karenaitu, penelitian berkaitan dengan strategi pengajaran yang memotivasiyang dapat meningkatkan kemampuan menyimak mahasiswa. Strategiyang diusulkan di sini termasuk penggunaan (STAD) dengan menggunakanmedia podcast. Untuk memecahkan permasalahan diatasmaka peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yangdisajikandalam 2 (dua) siklus. Dalam setiap siklusnya melaluialur PTK yang terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu perencanaan,pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkanbahwa penggunaan podcast dalam strategi (STAD) dapatmeningkatkan: (1) partisipasi mahasiswa dalam diskusi kelompok,(2) prestasi belajar dan (3) respon positif.
Copyrights © 2012