Jurnal Pasifik Pendidikan
Vol 1 No 2 (2022): Juni

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III SD INPRES WAWAMA KECAMATAN MOROTAI SELATAN

Gullyt Karlos Papingka (Universitas Pasifik Morotai)
Nurhani Mahmud (Universitas Pasifik Morotai)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu kesulitan siswa dalam memahami materi tentang penjumlahan bilangan bulat negatif dan mengetahui penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar Matematika penjumlahan bilangan bulat negatif kelas III SD Inpres Wawama. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian 19 siswa. Penelitian Tindakan ini dilakukan dengan dua siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik Pengumpulan data melalui observasi dan test serta data dianalisa dalam bentuk kuantitaif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan guru dalam proses belajar mengajar secara signifikan. Hasil belajar siswa dari Siklus I skor perolehan4 siswa (21%) yang tuntas dan yang belum tuntas 15 siswa(79%) serta pada siklus II terjadi peningkatan dengan skor perolehan 17 siswa(89%) yang tuntas dan yang belum tuntas 2 siswa (11%) Dari 2 siswa yang belum tuntas diadakan remedial. Secara klasikal hasil belajar telah mencapai standar KKM 70.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Cakupan dari Jurnal Pasifik Pendidikan meliputi : 1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2. Pendidikan Bahasa Inggris 3. Pendidikan Bahasa Indonesia 4. Pendidikan Matematika 5. Pendidikan Fisika 6. Pendidikan Biologi 7. Pendidikan Kimia 8. Pendidikan Geografi 9. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ...