Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPA dengan materi Bagian-bagian Tumbuhan, pada siswa kelas V SD GMIH Towara Kecamatan Morotai Jaya Kabupaten Pulau Morotai. Model penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian tindakan kelas (PTK) yang di adakan pada siswa kelas V SD GMIH Towara, dengan jumlah keseluruhan 24 siswa yang terdiri dari 6 perempuan dan 18 laki-laki. Sementara guru yang membantu menjadi observer selama melakukan penelitian ini adalah wali kelas V SD GMIH Towara. Hasil penelitian pada siklus I, siswa yang tuntas berjumlah 14 orang (58%) dari jumlah keseluruhan (24 siswa), sementara 10 siswa (41%) belum berhasil. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar sebesar (25%), sehingga siswa yang berhasil pada siklus II berjumlah 20 siswa (83%) dan yang belum berhasil 4 siswa (17%). Kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA dengan materi “Bagian-Bagian Tumbuhan”.
Copyrights © 2022