Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan pendidikan karakter kejujuran siswa kelas VB MIN 2 Morotai dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam pembentukan karakter kejujuran siswa kelas VB di MIN 2 Morotai. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pengumpulan data, peneliti menggunakan metode penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Nilai-nilai kejujuran siswa kelas VB MIN 2 Morotai belum maksimal terlaksana dengan baik, , 2) Peran guru dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran pada siswa kelas VB MIN 2 Morotai tergambar melalui kegiatan-kegiatan yang ada di dalam kelas maupun diluar kelas. 3) Faktor yang mempengaruhi nilai-nilai kejujuran siswa didasarkan oleh kesadaran diri siswa, orang tua serta lingkungan sekitar. Adapun solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan menjalin komunikasi antara kepala sekolah, guru serta orang tua yang baik dengan memperhatikan dan mengajarkan hal-hal kebaikan kepada siswa.
Copyrights © 2023