Fiqih merupakan saalah satu pendidikan Islam yg terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Fokus penelitian ini membahas mengenai upaya tenaga pendidik dalam menaikkan output belajar peserta didik khususnya mata pelajaran fiqih, pada MAN Pulau Taliabu. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti memakai pendekatan kualitatif berbasis fenomologi dengan metode penelitian studi kasus. Peneliti menemukan output penelitian ini diantaranya pelaksanaan perencanan pembelajaran satu lembar sesuai aturan darim Kementerian Agama RI. Penerapan penelitian ini meliputi indikator waktu, bahan ajar, metode pembelajaran dan evaluasi. Faktor pendukung penelitian ini adalah sarana dan prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambat penelitian ini yaitu latar belakang siswa yang tidak semuanya lulusan madrasah atau pesantren sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk beradaptasi dengan pelajaran agama yang lebih mendalam yaitu pelajaran fiqih.
Copyrights © 2023