Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak positif atau negatif kegiatan mengakses situs jejaring sosial instagram terhadap prestasi belajar IPA SMA Negeri Unggulan 1 Kabupaten Pulau Morotai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian survei bentuk korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana dan ganda. Hasil penelitian untuk hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara antara media sosial instagram dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri Unggulan 1 Kabupaten Pulau Morotai. Dari hasil analisis diperoleh koefisien korelasi sebesar -0,810 yang signifikan pada taraf 0,05 dan koefisien determinasi sebesar 0.656 sehingga dapat dikatakan bahwa 65,6% varian yang terjadi dalam prestasi belajar IPA (Y) terjelaskan oleh pengaruh media sosial instagram (X) dan 34.6 % dipengaruhi oleh faktor lain yang belum diteliti.
Copyrights © 2023