Infact: Jurnal Sains dan Komputer
Vol. 1 No. 2 (2017): Jurnal Infact Edisi Agustus 2017

Penerapan Algoritma Minimax Sebagai Kecerdasan Buatan Pada Permainan Tic Tac Toe

Timothy Ageng Pracaya (Unknown)
Antonius Bima Murti Wijaya (Unknown)
Haeni Budiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2021

Abstract

Permainan merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, karena itu manusia disebut juga sebagai homo ludens atau makhluk yang suka bermain (Tedjasaputra, 2001). Salah satu sarana permainan yang dapat digunakan yaitu menggunakan teknologi komputer. Pada beberapa permainan yang berbasis komputer memiliki kelebihan yaitu pemain (user komputer) tidak perlu mencari orang untuk menjadi lawannya karena pada permainan tersebut terdapat kecerdasan buatan yang mengendalikannya. Kecerdasan buatan adalah suatu ilmu yang mempelajari cara membuat komputer melakukan sesuatu seperti yang dilakukan oleh manusia. (Kusrini, 2006). Salah satu caranya adalah dengan menggunakan algoritma minimax yang bekerja seperti pikiran manusia. Ia akan mengambil langkah yang terbaik baginya serta memberikan langkah terburuk bagi lawannya. Algoritma minimax bisa diterapkan pada permainan, salah satunya adalah tic tac toe. Pada permainan ini, pemain akan secara bergantian mengisi sel papan. Pemain dianggap memenangkan pertandingan jika berhasil mengisi 3 sel pada papan secara horisontal, vertikal, maupun diagonal. Jika papan terisi semua dan kriteria menang tidak terpenuhi, maka permainan berakhir dengan imbang. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan menggunakan algoritma minimax pada kecerdasan buatan yang diterapkan di permainan tic tac toe sebanyak 60 kali, hasil yang didapatkan adalah permainan berakhir imbang sebanyak 43 kali, dan kecerdasan buatan menang sebanyak 17 kali.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JIF

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal sains dan komputer (INFACT) berisi artikel bidang informatika dengan scope:  Database Management,  Computer Networks,  Software Engineering,  Graphics and Multimedia,  Theory of Computation,  Web Technology,  Soft Computing,  Web Data Management,  Software Quality Testing, ...