Infact: Jurnal Sains dan Komputer
Vol. 7 No. 02 (2023): Jurnal Sains dan Komputer

Implementasi Text Mining Pada Pengukuran Sentimen Opini Masyarakat Terhadap Universitas Kristen Immanuel

Indriyani Hulu (Universitas Kristen Immanuel)
Haeni Budiati (Fakultas Sains dan Komputer, Program Studi Informatika, Universitas Kristen Immanuel, Yogyakarta, Indonesia)
Sunneng Sandino Berutu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Analisis sentimen merupakan suatu metode analisis yang bertujuan untuk mengidentifikasi emosi yang terkandung dalam teks, baik itu emosi positif, negatif, atau netral. Analisis sentimen, juga dikenal sebagai opinion mining, digunakan untuk mengekstrak emosi yang terdapat dalam tulisan orang-orang di berbagai platform media sosial. Data yang digunakan berasal dari twitter dimana twitter merupakan salah satu jejaring sosial yang interaktif dan banyak digunakan untuk dapat berbagi opini dan pendapat mengenai banyak hal. Penelitian dilakukan dengan menggunakan text mining dengan proses seperti crawling data, data cleaning, filtering, translating dan data splitting. Hasil analisis yang yang didapatkan dengan persentase sentimen positif 41.4%, persentase sentimen netral 45.5% dan persentase sentimen negatif 12.9%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIF

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal sains dan komputer (INFACT) berisi artikel bidang informatika dengan scope:  Database Management,  Computer Networks,  Software Engineering,  Graphics and Multimedia,  Theory of Computation,  Web Technology,  Soft Computing,  Web Data Management,  Software Quality Testing, ...