Jurnal Isu Teknologi
Vol. 12 No. 2 (2017): Jurnal Isu Teknologi

ANALISIS OPTIMALISASI DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN MAHASISWA




Article Info

Publish Date
13 Apr 2018

Abstract

Perkembangan teknologi informasi memberikan dampak bagi kualitas organisasi atau perusahaan terutama perguruan tinggi. Perancangan sistem informasi memudahkan pengaksesan data dan informasi dari yang konvensional menjadi sistem komputerisasi sehingga memudahkan dalam pencarian data untuk meningkatkan efisiensi. Layanan keuangan mahasiswa harus memberikan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh mahasiswa, dosen maupun institusi untuk memudahkan dalam perencanaan keuangan. Kebijakan institusi yang selalu berubah mengikuti perkembangan tentunya diperlukan sistem informasi yang fleksifel, efektif dan efisien. Sistem informasi perlu dikembangkan karena ada masalah pada sistem yang lama yaitu perkembangan institusi dan sistem bermasalah (error), opportunities dan directives. Metode yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak dengan model waterfall. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi lapangan dan studi literatur. Studi lapangan dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis masalah, analisis operasional, analisis kebutuhan data, analisis kapasitas, analisis performa, analisis kehandalan dan analisis keamanan. Perancangan sistem informasi keuangan mahasiswa terdiri dari desain Untuk desain antarmuka menampilkan hubungan antara pengguna dan perangkat keras yang user friendly dengan desain form, desain tampilan dan desain laporan. Uji coba dan evaluasi dilakukan untuk menguji kesesuian alur dan sistem telah dirancang sesuai dengan kebutuhan serta output yang diharapkan. Metode yang digunakan dalam pengujian ini adalah pengujian blackbox yang berfokus pada persyaratan fungsional dari sistem yang dirancang. Pengujian ini dititikberatkan pada hasil output dari kendali input yang dimasukkan pada tampilan kendali input form tampilan, dimana pengujian dikatakan berhasil apabila output sesuai dengan kendali input yang dimasukkan pada setiap tampilan.

Copyrights © 2017