Jurnal Isu Teknologi
Vol. 15 No. 1 (2020): Jurnal ISU Teknologi

PERBAIKAN KERUSAKAN JALAN METODE BINA MARGA DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI)

Siswanto . (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2020

Abstract

Analisis penelitian ini menggunakan dua metode yaitu metode Bina Marga dan metode PCI (Pavement Condition Index) pada Perkerasan Lentur. Survei lapangan dilakukan di ruas Jalan Nasional Nagreg – Tasikmalaya. Tujuan penelitian adalah untuk membandingkan hasil analisis terhadap tingkat kerusakan jalan dengan menggunakan dua metode dan menganalisis korelasi nilai Bina Marga dan PCI dengan anggaran biaya penanganan preservasi jalan pada ruas jalan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan survei visual, jenis kerusakan, tingkat kerusakan, pengukuran kerusakan permukaan perkerasan, dan survei LHR (Lalu Lintas Harian RataRata) dibandingkan dengan data LHR IRMS pada ruas jalan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu kerusakan retak kulit buaya (alligator cracking) = 3,30%, retak blok atau acak (block cracking) = 0,39%, retak memanjang (edge cracking) = 1,19%, amblas (depression) = 0,60%, lubang (potholes) = 1,06%, tambalan (patching) = 1,33%, dan alur (rutting) = 0,20%. Analisis menggunakan metode Bina Marga diperoleh nilai Urutan Prioritas (UP) = 5,15. Analisis menggunakan metode PCI diperoleh nilai tingkat kerusakan sebesar 68,10. Hasil dari kedua Metode dapat direkomendasikan dalam penanganan preservasi jalan yaitu pemeliharaan berkala dengan anggaran biaya sebesar Rp 188.232.000,00/Km. Analisis regresi linier dengan program SPSS antara nilai metode Bina Marga dan anggaran biaya didapat koefisien determinasi sebesar 0,12 dan koefisien korelasi sebesar 0,35, didapat persamaan Y = 21,034 – 0,357 X.. Analisis regresi linier antara nilai metode PCI dan anggaran biaya didapat koefisien determinasi sebesar 0,20 dan koefisien korelasi sebesar 0,45, dan persamaan Y = 32.548 – 0,454 X. Hubungan antara kedua metode dengan anggaran biaya yaitu tingkat hubungan cukup atau sedang dan bentuk hubungannya adalah linier negatif.

Copyrights © 2020