Jurnal Isu Teknologi
Vol. 2 No. 2 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK MESIN

MODIFIKASI MESIN SEPEDA MOTOR MATIC 108 CC MENJADI 155 CC UNTUK STANDAR KOMPETISI

Ganjar Sulaeman (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2020

Abstract

Tantangan dalam kompetisi adalah bagaimana memaksimalkan kinerja mesin dalam menghasilkan kompresi yang tinggi. Dengan demikian penulis melakukan modifikasi sepeda motor matic 108 cc menjadi 155 cc untuk standar kompetisi, yang di mana bagian mesin yang akan di modifikasi diantara lain silinder head, noken as, silinder blok torak, torak, kruk as, dan timing pengapian. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode ilmiah. Melakukan observasi, pengamatan langsung terhadap kegiatan yang di teliti serta membentuk hipotesis dengan melakukan perancangan dan modifikasi kendaraan uji kemudian melakukan pengujian dyno test. Volume silinder telah di tentuakan yaitu sebesar 155 cc sesuai standar kelas kompetisi, yang di dapatkan dari modifikasi merubah panjang langkah torak yang sebelumnya 55 mm menjadi 58 mm dan diameter torak yang sebelumnya 50 mm menjadi 58,5 mm, dengan durasi camshaft 282,5o, dari hasil pengukuran dan perhitungan di dapatkan perbandingan kompresi sebesar 12,8 : 1, dengan nilai perbandingan kompresi tersebut maka bahan bakar di tentukan dengan menggunakan benzol. Dari hasil pengujian didapatkan perubahan nilai daya yang sebelumnya 8,22 PS naik menjadi 14,8 PS, dengan nilai torsi yang sebelumnya 8,3 Nm naik menjadi 25,32 Nm. Modifikasi silinder head, noken as, piston, kruk as, dan pengapian sangatlah efektif untuk meningkatkan daya dan torsi.Untuk mencegah panas yang berlebihan, motor otto yang penulis kembangkan tidak dapat di aplikasikan kedalam motor yang di gunakan harian. Karna motor otto yang penulis kembangkan untuk mengikuti kompetisi drag race.

Copyrights © 2020