Literatur : Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol. 5 No. 1 (2023): LITERATUR : Bahasa dan Sastra

Ragam Bahasa Masyarakat Pesisir, Perkotaan, dan Pedalaman Di Aceh Utara

Ashrina, Indah (Unknown)
Usrina, Nura (Unknown)
Fath, Azmi Saifullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Ragam bahasa masyarakat pesisir, perkotaan, dan pedalaman merupakan kajian sosiolinguistik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ragam bahasa pada masyarakat pesisir, perkotaan dan pedalaman di Aceh Utara.  Adapun metode yang peneliti pakai pada penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal di daerah pesisir, perkotaan, dan pedalaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah klarifikasi data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada masyarakat pesisir 86% terdapat penggunaan bahasa Aceh dan 100% terdapat kendala berbahasa Indonesia. Ragam bahasa segi penutur yang terdapat dalam masyarakat pesisir berupa ragam bahasa idioek, dialek, basilek, dan kolokial. Pada masyarakat perkotaan 87% terdapat penggunaan bahasa Indonesia dan 65% terdapat kendala bahasa Aceh. Ragam bahasa dari segi penutur yang terdapat di dalam masyarakat perkotaan berupa idiolek, dialek, sosiolek, kolokial, dan jargon. Pada masyarakat pedalaman terdapat 69% penggunaan bahasa Indonesia dan 60% terdapat kendala berbahasa Indonesia. Ragam bahasa dari segi penutur yang terdapat di dalam masyarakat pedalaman berupa idiolek, basilek, kolokial, dan jargon.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

literatur

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

This literature journal is published by the Department of Tadris Indonesian Faculty of Tarbiyah and Teacher Training IAIN Lhokseumawe. This journal is named LITERATUR: Language and Literature which was chosen as an effort to keep language skills as the foundation for the development of language and ...