Literatur : Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol. 4 No. 2 (2022): LITERATUR : Bahasa dan Sastra

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SMP Negeri 3 Meurah Mulia pada Pokok Bahasan Cerpen Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Aulia, Raudatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas 1 SMP Negeri 3 Meurah Mulia melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi pembelajaran pada pokok bahasan cerpen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I di SMP Negeri 3 Meurah Mulia yang berjumlah 25 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini adalah tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok bahasan cerpen dengan jumlah siswa 25 orang. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siklus I yakni 56% dengan jumlah siswa yang tuntas 14 orang sedangkan siswa yang tidak tuntas 11 orang siswa dengan persentase 44% dan juga skor rata-rata yang diperoleh oleh peneliti yang diberikan oleh 2 pengamat yaitu 76,5%. Pada siklus II meningkat menjadi 92% dengan jumlah siswa yang tuntas 23 orang sedangkan siswa yang tidak tuntas adalah 2 orang dengan persentase 8% serta juga skor rata-rata yang diperoleh oleh peneliti yang diberikan oleh 2 pengamat yaitu 92,5%. Dari data ini, dapat dilihat bahwa nilai siswa telah mengalami peningkatan secara signifikan dan ketuntasan belajar siswa tercapai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

literatur

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

This literature journal is published by the Department of Tadris Indonesian Faculty of Tarbiyah and Teacher Training IAIN Lhokseumawe. This journal is named LITERATUR: Language and Literature which was chosen as an effort to keep language skills as the foundation for the development of language and ...