Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas 1 SMP Negeri 3 Meurah Mulia melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi pembelajaran pada pokok bahasan cerpen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I di SMP Negeri 3 Meurah Mulia yang berjumlah 25 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini adalah tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok bahasan cerpen dengan jumlah siswa 25 orang. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siklus I yakni 56% dengan jumlah siswa yang tuntas 14 orang sedangkan siswa yang tidak tuntas 11 orang siswa dengan persentase 44% dan juga skor rata-rata yang diperoleh oleh peneliti yang diberikan oleh 2 pengamat yaitu 76,5%. Pada siklus II meningkat menjadi 92% dengan jumlah siswa yang tuntas 23 orang sedangkan siswa yang tidak tuntas adalah 2 orang dengan persentase 8% serta juga skor rata-rata yang diperoleh oleh peneliti yang diberikan oleh 2 pengamat yaitu 92,5%. Dari data ini, dapat dilihat bahwa nilai siswa telah mengalami peningkatan secara signifikan dan ketuntasan belajar siswa tercapai.
Copyrights © 2022