Literatur : Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol. 4 No. 2 (2022): LITERATUR : Bahasa dan Sastra

Analisis Deiksis Persona pada Percakapan Siswa SMP Negeri 1 Tanah Luas

Yunita, Nanda (Unknown)
Syarif, Muhammad Rizqi Asy (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan deiksis persona dalam percakapan siswa SMP Negeri 1 Tanah Luas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa negeri 1 Tanah Luas, dan pengumpulan data menggunakan teknik simak, teknik catat, dan teknik rekam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis deiksis persona yang digunakan dalam percakapan siswa SMP Negeri 1 Tanah Luas adalah: (1) deiksis orang pertama tunggal, (2) deiksis orang pertama jamak, (3) deiksis orang kedua tunggal, (4) deiksis orang kedua jamak, (5) deiksis orang ketiga tunggal, dan (6) deiksis orang ketiga jamak. Setiap jenis deixis persona memiliki kegunaan yang berbeda tergantung pada konteks dan referensi. Deiksis orang pertama tunggal adalah saya, lona (Terjemahan: saya) dari Aceh, dan kèë (Terjemahan: saya) dari Aceh, sedangkan deiksis orang pertama jamak kami, kami dan tanyoë (Terjemahan: kami) dari Aceh Timur. Deiksis orang kedua tunggal yang digunakan adalah kamu, kamu, dan kah (terjemahan: kamu) dari Aceh, dan deiksis orang kedua jamak yaitu. kamu dan kru kah (terjemahan: kamu) dari Aceh. Deissi adalah deiksis orang ketiga tunggal, yaitu nya, dia, jih (terjemahan: dia) yang berasal dari Aceh, meskipun deissi hanya memiliki satu bentuk jamak orang ketiga jamak mengenal awak nyan (terjemahan: mereka) yang berasal dari Aceh.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

literatur

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

This literature journal is published by the Department of Tadris Indonesian Faculty of Tarbiyah and Teacher Training IAIN Lhokseumawe. This journal is named LITERATUR: Language and Literature which was chosen as an effort to keep language skills as the foundation for the development of language and ...