Literatur : Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol. 5 No. 2 (2023): LITERATUR : Bahasa dan Sastra

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Teks Eskplanasi Menggunakan Model Pembelajaran Group’s Rolling Paper pada Siswa Kelas XI

Asuri, Afriza (Unknown)
Rosadi, Dedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi menggunakan model pembelajaran group’s rolling paper pada siswa kelas XI SMA Negeri Lhokseumawe Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian dalam penelitian ini adalah PTK.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes berupa soal. Data dalam penelitian ini adalah siswa. Hasil penelitian ini meningkat berdasarkan tes awal, tes akhir siklus I, dan tes akhir siklus II, pada tes awal rata-rata nilai siswa 60,8, dari rata-rata nilai siswa tersebut hanya 17,6 % siswa yang mencapai KKM, terjadi peningkatan dari tes awal ke tes akhir siklus I dengan rata-rata nilai siswa 66,4, dari rata-rata nilai siswa tersebut hanya 35,2 % siswa yang mencapai KKM, kemudian terjadi peningkatan lagi dari tes akhir siklus I ke tes akhir siklus II dengan rata-rata nilai siswa 70,1, dari rata-rata nilai tersebut 52,9% siswa yang mencapai KKM, dengan demikian penelitian yang peneliti lakukan berhasil berdasarkan kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 50% siswa mencapai KKM.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

literatur

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

This literature journal is published by the Department of Tadris Indonesian Faculty of Tarbiyah and Teacher Training IAIN Lhokseumawe. This journal is named LITERATUR: Language and Literature which was chosen as an effort to keep language skills as the foundation for the development of language and ...