Jurnal KALANDRA
Vol 1 No 1 (2022): Januari

Pelatihan Penyusunan Instrumen Hots (High Order Thinking Skill) untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Bagi Guru-Guru SMA di Kota Padangsidimpuan

Dharma Gyta Sari Harahap (Universitas Graha Nusantara)
Kasmawati (Universitas Graha Nusantara)
Eni Sumanti Nasution (Universitas Graha Nusantara)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Instrumen merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran. Salah satu masalah yang terjadi di sekolah adalah instrumen yang disusun oleh guru masih cenderung lebih menguji aspek ingatan siswa dan belum berorientasi pada instrumen yang mengasah kemampuan berpikir kritis siswa. Beberapa alasan yang dikemukakan oleh guru adalah kurangnya pengetahuan, kemampuan serta keterampilan guru dalam menyusun instrumen yang dapat mengasah kemampuan berpikir kritis siswa khususnya dalam mata pelajaran Biologi. Sehingga perlu dilakukan pelatihan terhadap guru-guru dalam menyusun instrumen tes berbasis HOTS (High Order Thinking Skill). Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada guru mata pelajaran Biologi SMA (Sekolah Menengah Atas) di Kota Padangsidimpuan dalam menyusun instrumen tes berbasis HOTS (High Order Thinking Skill). Pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode ceramah, diskusi dan proyek. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan yang dilakukan berjalan efektif dalam memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada guru terkait bagaimana menyusun instrumen tes biologi berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) yang dapat mengasah kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JurnalKALANDRA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education

Description

KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah Open Journal System (OJS) dengan nomor ISSN (online) 2828-500X merupakan wadah bagi para akademisi dan praktisi dalam mempublikasikan berbagai hasil refleksi konseptual maupun gagasan orisinal yang telah dilaksanakan pada kegiatan pengabdian kepada ...