Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 6, No 11 (2023): Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

PENERAPAN PENDAMPINGAN PENDAPATAN LOKAL UMKM MELALUI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DENGAN PENDEKATAN PAR

Trisni Handayani (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
M. Jamil Latief (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Marisa Ana Tiara (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2023

Abstract

Urgensi pertumbuhan ekonomi pada saat ini tidak hanya pada sektor usaha yang besar, tapi UMKM juga dapat membantu pertumbuhan ekonomi di Indonesia. UMKM di Pulau Pari, Kepulauan Seribu pada saat ini masih menggunakan teknik penjualan dan pemasaran secara tradisional. Kegiatan pemasaran dengan digital marketing pada saat ini sangat marak, karena pengguna internet terus bertambah setiap tahunnya. Digital marketing dinilai sangat efektif untuk meningkatkan pendapatan lokal pelaku UMKM di Pulau Pari. Proses pengabdian ini dilakukan dalam waktu dua hari dan dilanjutkan pendampingan selama 3 bulan. Pendampingan menggunakan pendekatan PAR (Participation, Action, and Research) karena lebih terfokus dengan proses pemanfaatan digital marketing. Pendampingan dalam pemanfaatan digital marketing diharapkan bermanfaat serta berguna bagi pihak UMKM, pemerintah, maupun akademisi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

martabe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Martabe Journal -Jurnal Pengabdian Masyarakat, published by Institute of Research and Community Service Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. This journal contains the results of publication lecturers to the community of agrokompleks, Teacher Training and Science of teknosains, and sosbudkum ...