Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 5 (2023): Innovative: Journal of Social Science Research

Nature-Based School: Implementation of the Inclusive Education Program in Bandung

Kiki Rezkiani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Sunardi Sunardi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Budi Susetyo (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2023

Abstract

Pendidikan inklusif menjadi jawaban pemenuhan hak pendidikan bagi seluruh anak sebagai upaya pemerataan wajib belajar di Indonesia. Nature Based School merupakan salah satu sekolah yang menyelenggarakan pendidikan inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan inklusif di salah satu sekolah alam di kota Bandung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif dengan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah salah satu sekolah berbasis alam di Bandung telah melaksanakan pendidikan inklusif dengan baik dan efektif, yang memenuhi aspek kesiapan kurikulum, tenaga pengajar, siswa, serta sarana dan prasarana. Implikasi penelitian ini bagi sekolah lain yang masih perlu menerapkan pendidikan inklusif dapat mengoptimalkan pelaksanaan program tersebut secara optimal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...