Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 6 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Komunikasi Interpersonal Pada Siswa SMA di Kabupaten Berau

Natalia Lembang Pasapan (Universitas Mulawarman)
Kezia Arum Sary (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2023

Abstract

Kecanduan bermain game secara berlebihan dikenal dengan istilah Game Addiction, dapat dikatakan hal ini merupakan kegiatan yang ingin terus dilakukan seseorang seakan tidak ada hal lain yang dapat dilakukan dalam kesehariannya selain bermain game. Game online awalnya dijadikan sebagai media hiburan bagi remaja, namun seiring berjalannya waktu kini game online digunakan secara berlebihan sehingga menimbulkan rasa kecanduan bagi penggunanya dan memberikan pengaruh buruk bagi kehidupan sosial remaja. Untuk mengetahui Pengaruh Kecanduan Game Online TerhadapKomunikasi Interpersonal Pada Siswa SMA di Kabupaten Berau. Penelitian ini berjenis kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner untuk mendapatkan data. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample dan menggunakan rumus slovin, yang menghasilkan 100 orang sebagai responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kecanduan game online memberikan pengaruh sebesar 53,1% terhadap komunikasi interpersonal, sedangkan sisanya 46,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan oleh peneliti. Secara hasil uji t, nilai t- hitung sebesar 10,530 lebih besar dari nilai t-tabel 1,660 yang berarti hipotesis Ha diterima bahwa kecanduan game online berpengaruh terhadap komunikasi interpersonal pada siswa SMA di Kabupaten Berau.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...