Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 6 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Sistem Informasi Penjualan Material Batu Pecah Berbasis Office Automation System (OAS) (Studi Kasus : Pt. Karsatama Aneka Bangun Jayapura)

Heru Sutejo (Universitas Sepuluh Nopember Papua)
Susi Hendartie (STMIK Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan Sistem Informasi Penjualan Material Batu Pecah berbasis Office Automation System (OAS) di PT. Karsatama Aneka Bangun Jayapura. Saat ini, proses bisnis perusahaan masih mengandalkan pengelolaan data manual, yang dapat menyebabkan ketidakefisienan dan ketidakakuratan data. Dengan menerapkan sistem berbasis OAS, penelitian ini berhasil mengintegrasikan proses penjualan dengan memanfaatkan Visual Basic 6.0 dan Microsoft Office Access. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah metode waterfall, yang mencakup analisis kebutuhan, desain sistem, pengkodean, dan pengujian. Pengujian dilakukan dengan metode blackbox untuk memastikan fungsionalitas sistem yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi sistem informasi penjualan ini dapat diimplementasikan dengan baik, terintegrasi dengan kasir, dan berhasil melewati pengujian fungsionalitas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...