Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menghafal do’a sehari-hari yang penting untuk diajarkan dan dilatih sejak dini. Dari hasil observasi masalah yang ditemukan adalah masih rendahnya kemampuan anak dalam menghafal do’a sehari-hari serta kurangnya variasi media dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Papan Permainan Ular Tangga dalam meningkatkan hafalan do’a sehari-hari di PAUD Azzhara Ramadhanty Kabupaten OKI yang Valid dan Praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research And Development (R&D). Adapun langkah-langkah penelitian menggunakan model 4-D (Four-D Models) dari Thiagarajan yaitu terdiri dari tahap Define, Design, Development, dan Disseminate. subjek dalam penelitian ini adalah PAUD Azzhara Ramadhanty Desa Sungai Lumpur Kabupaten OKI dengan instrument pengumpulan data berupa observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan produk berupa papan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan berdasarkan validasi ahli materi, bahasa, dan media, menunjukkan bahwa media papan permainan ular tangga “sangat valid”, dengan skor penilaian dari validator ahli materi mendapat 92,5 penilaian ahli bahasa mendapat 92, dan penilaian ahli materi/desain mendapat 90. Adapun asil uji coba kepraktisan oleh guru diperoleh skor 95 dengan kategori sangat praktis dan hasil keefektifan menunjukkan kategori sangat efektif dengan skor 87,30 dan 80 pada angket lembar wawancara kategori efektif.
Copyrights © 2023