Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 6 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar di TK Negeri Pembina Desa Tanah Abang Utara Kabupaten Pali

Esi Maharani (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Lidia Oktamarina (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Mardeli Mardeli (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwasannya masih rendahnya motivasi anak dalam belajar baik secara internal dan eksternal. Penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari reward terhadap motivasi belajar anak di TK Negeri Pembina Tanah Abang Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berjumlah 60 anak dan sampel yang digunakan 15 anak dengan metode purvosive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, angket serta dokumentasi. Setelah mengumpulkan hasil dari jawaban angket yang sudah disebar maka peneliti mengolah data dengan menggunakan SPSS 25. Adapun analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Setelah dilakukan uji analisis diperolah hasil koefisien bahwa data fhitung>ftabel ( 23.694> 4,67) dan sig < 0,05 (0,000< 0,05)sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara signifikan antara reward (X) terhadap motivasi belajar (Y). Data thitung > ttabel 4.868> 0,5140 dan sig 0,000< 0,05 . Karena thitung>ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh dari reward sebagai variable (X) terhadap motivasi belajar anak (Y).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...