Fenomena maraknya penggunaan transportasi online di Jakarta sejak tahun 2014, dan menjamurnya penyedia jasa transportasi online, menyebabkan dinamika persaingan. Pelanggan juga mengalami dinamika dalam mempertimbangkan pembelian jasa transportasi online. Hal ini mendorong pesatnya pertumbuhan publikasi artikel yang bertemakan transportasi online. Dengan menggunakan metode bibliometrik terhadap metadata dari sumber terindek scopus, maka berhasil dilakukan pemetaan dan pengelompokan meta data. Dengan bantuan aplikasi biblioshiny maka terungkap varibel yang berpengaruh sentiment analysis, customer satisfaction, political, customer loyalty, sharing economy, brand trust, loyalty, value co-creation, brand effect, service quality, influence maximization, Social Network, online transportation services. Sumber referensi yang relevan dan direkomendasikan untuk dikutip adalah journal of physics: Conference Series, Fernando E sebagai penulis (Author) paling relevan. Bina Nusantara University sebagai Lembaga affiliasi paling relevan. Direkomendasikan agar peneliti mempergunakan informasi tersebut untuk melakukan penelitian lanjutan. Diharapkan akan mendapatkan hasil penelitian yang optimal dan menyumbangkan kontribusi yang bermanfaat untuk para praktisi maupun akademisi. Penulis juga akan melakukan penelitian lanjutan dengan topik Pengaruh user interface, variasi produk dan brand awareness terhadap minat beli, dengan online customer review sebagai pemoderasi pengguna aplikasi gojek/grab di Cibubur dan sekitarnya.
Copyrights © 2024