Tantangan guru SMK di masa sekarang semakin kompleks. Guru dituntut menyiapkan lulusan siap kerja dan mengembangkan profesinya secara berkelanjutan. Menjalankan peran dan tanggung jawabnya sebagai guru SMK terlebih di masa pandemic covid-19, bagaimana guru dapat menjalankan dan memaknai peran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengeksplorasi pekerjaan yang bermakna pada guru SMK. Subjek dalam penelitian ini adalah enam guru SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) karena memiliki prosedur analisis data yang sistematis dan terperinci. Prosedur yang sistematis ini akan menghasilkan hal yang mendalam terkait dengan latar belakang, pengalaman, pemikiran unik subjek yang didapatkan melalui wawancara semi terstruktur. Penelitian menghasilkan tiga tema induk utama yaitu 1. Karir menjadi guru SMK; 2. Hubungan interpersonal guru SMK; 3. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran. Karir menjadi guru ada yang memang dari awal bercita-cita menjadi guru, namun ada yang tidak. Hubungan interpersonal guru SMK tetap terjalin kebersamaan dengan rekan guru lain walaupun pembelajaran daring jarang bertemu, berusaha melayani kebutuhan siswa apalagi saat pembelajaran daring butuh ektra penjelasan mata pelajaran dan kreativitas agar siswa lebih paham. Guru merasakan adanya perbedaan pembelajaran daring dan luring, yang dapat mendukung dan menghambat potensi guru dan siswa.
Copyrights © 2023