Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 6 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Implementasi Metode At – Tibyan Dalam Pembelajaran Membaca Al – Qur’an Anak Usia Dini di Taud Saqu Delta Sriwijaya Palembang

Nurul Izzah (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Fitri Oviyanti (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Nyimas Atika (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2023

Abstract

Metode at – tibyan adalah suatu metode yang mempelajari Al – Qur’an melalui membaca dengan cara di tahajji (di eja) persuku kata, dengan menyebutkan hukum tajwid secara langsung dan dilakukan secara berulang – ulang. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana implementasi metode at – tibyan dan apa saja yang mempengaruhi anak usia dini dalam pembelajaran at – tibyan di TAUD Saqu Delta Sriwijaya Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode at – tibyan dalam pembelajaran membaca Al – Qur’an anak usia dini di TAUD Saqu Delta Sriwijaya Palembang dan juga utuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi anak dalam pembelajaran metode at – tibyan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian berlokasi di Komplek Pusri Sako Palembang, dan yang menjadi informan adalah kepala sekolah dan ustadzah sebagai pendidik di sekolah. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data akan di analisis menggunakan teknik menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Lalu uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian yang diperoleh sebagai berikut: implementasi metode at – tibyan di TAUD Saqu Delta Sriwijaya Palembang dilakukan sesuai dengan tahapan, dengan melakukan kegiatan – kegiatan yang menjadi indikator dalam penggunaan metode at – tibyan seperti membaca bismillah, muroja’ah, menjelaskan, mengaji, dan mengevaluasi. Faktor – faktor yang mempengaruhi anak usia dini dalam pembelajaran membaca Al – Qur’an menggunakan metode at – tibyan adalah orang tua, kualitas pendidik, APE. Hasil penelitian bahwa Implementasi Metode At – tibyan Dalam Pembelajaran Membaca Al – Qur’an Anak Usia Dini Di TAUD Saqu Delta Sriwijaya Palembang sudah cukup baik dan Faktor Yang Mempengaruhi Pembelajaran Membaca Al – Qur’an Menggunakan Metode At – Tibyan terdiri dari faktor orang tua, kualitas pendidik, serta penggunaan APE.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...