Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengembangan Model Bisnis Inklusif Berbasis Digital Untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Baitul Maal Wal Tamwil (BMT)

Hasan Cahyono (Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo Kediri)
Sutantri Sutantri (Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo Kediri)
Iva Khoiril Mala (Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo Kediri)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2024

Abstract

Adanya urgensi pengembangan model bisnis inklusif berbasis digital dalam konteks pemberdayaan ekonomi melalui Baitul Maal Wal Tamwil (BMT) untuk mengatasi tantangan akses finansial dan kurangnya pemahaman akan peluang bisnis di kalangan masyarakat. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi dan mengembangkan model bisnis yang dapat meningkatkan aksesibilitas, menyederhanakan proses bisnis, dan mendukung keberlanjutan ekonomi inklusif melalui integrasi BMT dengan teknologi digital. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus interpretif terhadap Baitul Maal Wal Tamwil (BMT) dan masyarakat dengan mensintesis informasi dari literatur dan observasi untuk menjawab tujuan penelitian. Penelitian mengenai pengembangan model bisnis inklusif berbasis digital untuk pemberdayaan ekonomi melalui Baitul Maal Wal Tamwil (BMT) menunjukkan bahwa integrasi teknologi digital dapat meningkatkan efisiensi operasional, aksesibilitas keuangan, dan kontribusi terhadap inklusi keuangan bagi sektor informal, terutama usaha mikro dan kecil.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...