Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa: Meta-Analisis

Hersiyati Palayukan (Universitas Kristen Indonesia Toraja)
Heru Widoyo (STIKIP Amal Bhakti)
Suyahman (Universitas Bantara Sukoharjo)
Baso Intang Sappaile (Universitas Negeri Makassar)
Tomi Apra Santosa (Akademi Teknik Adikarya)
Andi Rahmah (Universitas Indonesia Timur)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model problem base learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian ini adalah Meta-analisis. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari analisis 15 jurnal nasioanl dan internasion terbit tahun 2021-2024. Kriteria inklusi adalah penelitian berasal dari jurnal yang terindeks SINTA dan Scopus, penelitian harus eksperimen, penelitian berkaitan dengan model problem based learning , penelitian harus open acces,  dan penelitian mempunyai data yang lengkap untuk menghitung nilai effect size. Analisis data dengan bantuan aplikasi JASP. Hasil penelitian menunjukan bahwa tedapat pengaruh yang signifikan model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai rata-rata effect size 1.018  kriteria tinggi. Temuan ini menjelaskan model problem based learning memberikan dapat postif bagi guru dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...