Peneitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Spldv Kelas Viii Smp Negeri 2 Siantar. Penelitian ini dirancang untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 2 Siantar. Pada penelitian ini bentuk desain yang digunakan adalah One-Shot Case Study. Perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen adalah penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Siantar kelas VIII-7 berjumlah 30 siswa yang terpilih untuk dijadikan sampel dalam penelitian yang akan peneliti lakukan dengan harapan agar hasil penelitian dapat menggambarkan semua populasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 2 Siantar. Pengaruh itu ditunjukkan melalui persamaan regresi Y = 4,092 + 0,875X. Pengaruh tersebut melalui uji-t, yaitu t_hitung> t_tabel (14,547>2,048) atau p (sig.) < 0,05 (0,000 < 0,05) maka H_0 ditolak dan H_1 diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 2 Siantar. Dan pengaruh variabel independen (model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap variabel dependen (kemampuan berpikir kritis) adalah 88,3%
Copyrights © 2024