Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Dampak Negatif Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini

Shafa Aninda Widyadhana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Esya Anesty Mashudi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2024

Abstract

Pertumbuhan teknologi digital yang pesat memberikan akses yang lebih mudah bagi anak-anak untuk terpapar konten yang mungkin tidak sesuai dengan tahap perkembangan mereka.Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak negatif penggunaan gadget pada perkembangan anak usia dini. Artikel ini mendiskusikan risiko-risiko potensial terkait aspek kesehatan fisik, mental, dan sosial anak yang dapat timbul akibat paparan berlebihan terhadap teknologi digital. Selain itu, penelitian ini juga memberikan pandangan tentang bagaimana orang tua dan pengasuh dapat mengelola penggunaan gadget agar tidak merugikan perkembangan anak. Metode penelitian ini adalah studi literatur untuk merinci dan menganalisis dampak negatif penggunaan gadget pada perkembangan anak usia dini. Metode studi literatur dipilih untuk menyajikan gambaran komprehensif berdasarkan temuan-temuan penelitian terdahulu dan pandangan para ahli. Langkah metode ini adalah Identifikasi Sumber Literatur, Analisis Sumber, klasifikasi dan Sintesis Temuan, serta Rekomendasi. Hasil penelitian ini adalah pentingnya peran orang tua dan pengasuh dalam mengawasi, membatasi, dan membimbing anak dalam menggunakan teknologi menjadi sorotan utama. Edukasi bagi orang tua mengenai risiko-risiko yang mungkin muncul dan penerapan pedoman praktis untuk mengatur waktu layar anak dapat menjadi langkah kunci dalam menciptakan lingkungan yang seimbang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...