Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

An Analysis of Language Style Used in Skincare Product Advertisements on Youtube

Widiastuti Widiastuti (Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1). Pemakaian Gaya Bahasa dalam iklan produk perawatan kulit ; (2). Mengetahui Tanggapan Masyarakat terhadap Bahasa yang digunakan pada tayangan iklan produk perawatan kulit di youtube. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah iklan produk perawatan kulit di youtube pada bulan April – Juli 2023 serta informan yaitu Masyarakat selaku penonton youtube. Penentuan sampling yang dilakukan dengan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1). Pemakaian gaya Bahasa yang digunakan dalam iklan produk perawatan kulit di Youtube meliputi gaya Bahasa pertanyaan Retoris, Asindeton, Klimaks Repetisi, Koreksio Mesodiplosis, dan Personifikasi. 2).Tanggapan Masyarakat terhadap pemakaian Bahasa iklan produk kecantikan perawatan kulit di youtube yaitu: Masyarakat berpendapat bahwa bahasanya menjanjikan dan membujuk, seolah-olah kecantikan yang dimiliki model adalah berkat pemakaian produk iklan kecantikan yang dibintanginya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...