Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1). Pemakaian Gaya Bahasa dalam iklan produk perawatan kulit ; (2). Mengetahui Tanggapan Masyarakat terhadap Bahasa yang digunakan pada tayangan iklan produk perawatan kulit di youtube. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah iklan produk perawatan kulit di youtube pada bulan April – Juli 2023 serta informan yaitu Masyarakat selaku penonton youtube. Penentuan sampling yang dilakukan dengan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1). Pemakaian gaya Bahasa yang digunakan dalam iklan produk perawatan kulit di Youtube meliputi gaya Bahasa pertanyaan Retoris, Asindeton, Klimaks Repetisi, Koreksio Mesodiplosis, dan Personifikasi. 2).Tanggapan Masyarakat terhadap pemakaian Bahasa iklan produk kecantikan perawatan kulit di youtube yaitu: Masyarakat berpendapat bahwa bahasanya menjanjikan dan membujuk, seolah-olah kecantikan yang dimiliki model adalah berkat pemakaian produk iklan kecantikan yang dibintanginya.
Copyrights © 2024