Analogi
Vol 2 No 1 (2024)

Penggunaan Instagram @umkla.official sebagai Sarana Branding dan Promosi Kampus

Farid Aji Prakosa (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KLATEN)
Dian Eka Permanasari (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Instagram dengan beragam kelebihannya telah menjadi sarana yang diperhitungkan dalam aktivitas branding dan promosi. Salah satu yang menjadi kelebihan adalah fitur-fitur di dalamnya yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi lebih dekat dengan audiens mereka. Potensi ini dimanfaatkan oleh perguruan tinggi khususnya swasta yang menggunakan Instagram untuk mempromosikan kegiatan mereka. Perguruan tinggi swasta lebih aktif dalam melakukan interaksi melalui media sosial (postingan, acara , following, dan berbagi) karena harus berusaha keras dalam mendapatkan pengakuan dan kredibilitas agar menjadi pilihan bagi masyarakat untuk menempuh pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengulas lebih lanjut bagaimana proses penggunaan Instagram @umkla.official sebagai sarana branding dan promosi kampus. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan paradigma postpositivisme. Subyek dalam penelitian ini adalah tim pengelola media sosial dari Biro Humas UMKLA, sedangkan obyek pada penelitian ini adalah akun instagram @umkla.official. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa Instagram menjadi media utama dalam memperkenalkan dan mempromosikan kampus Universitas Muhammadiyah Klaten (UMKLA) kepada masyarakat melalui jalur digital. Aktivitas branding yang dilakukan oleh UMKLA melalui akun Instagram @umkla.official merupakan aktivitas re-branding, dimana merubah citra sebelumnya sebagai kampus kesehatan dan kampus akuntansi menjadi kampus dengan beragam pilihan program studi dengan biaya kuliah dan biaya hidup yang terjangkau. Sedangkan aktivitas promosi yang dilakukan merupakan aktivitas promosi melalui media digital yang bersifat soft-selling, dimana promosi dilakukan tidak secara langsung menawarkan produk kepada target pasar, melainkan dengan menarik perhatian khalayak terlebih dahulu dengan konten unggahan yang menarik. Sehingga fokus konten unggahan bersifat informasi ringan, hiburan, leisure, serta interaktif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

analogi

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Analogi: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora publish twice a year January and July by Faculty of Social Sciences and Humanities, Universitas Muhammadiyah Klaten. Analogi seeks to publish original research articles on Communications, Managements, and Accounting. The Journal Published manuscript in ...