IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 1 No. 1 (2022)

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Tutor Sebaya Siswa Kelas VII A MTsN 6 Gunungkidul

Zainal Arifin (Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Gunungkidul)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

ABSTRAK Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui tutor sebaya pada siswa Kelas VII A MTsN 6 Gunungkidul tahun pelajaran 2022/2023. Titik berat masalah yang dihadapi dunia Pendidikan di Indonesia adalah masalah yang berkaitan erat dengan mutu atau kualitas pendidikan yang rendah. Dikatakan demikian karena capaian daya serap siswa terhadap materi pelajaran masih rendah. Permasalahan ini tentu harus ada pembenahan yang mampu memberi daya motivasi kepada siswa di kelas ke arah kemajuan. Metode – Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, dengan metode pengumpulan data dokumentasi, observasi dan tes. Tehnik analisis data dalam penelitian ini adalah PTK yaitu sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan merancang, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru sehingga hasil belajar peserta didik meningkat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTs Negeri 6 Gunungkidul yang berjumlah 32 siswa. Hasil – Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang dimulai sejak pra siklus sebesar 31% menjadi 81% pada siklus I dan akhirnya menjadi 94% pada siklus II, dengan demikian maka dengan melalui tutor sebaya mampu memberikan andil dalam kenaikan atau peningkatan hasil belajar siswa kelas VII A MTsN 6 Gunungkidul.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...