IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 1 No. 1 (2022)

Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi Di Kelas IV B MI Negeri 1 Yogyakarta

Sulardi Sulardi (Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

ABSTRAK Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture pada peserta didik MI Negeri 1 Yogyakarta. Metode– Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Untuk memperoleh data keaktifan dan hasil belajar IPA penelitian ini menggunakan lembar angket keaktifan dan hasil belajar peserta didik dan tes evaluasi yang diberikan disetiap siklusnya. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata- rata 75 dengan persentase ketuntasan 67% pada siklus I menjadi rata-rata 88 dengan persentase ketuntasan 90% pada siklus II. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Picture and picture dapat meningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...