IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 1 No. 1 (2022)

Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Inkuiri

Fauzan Abadi (Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Gunungkidul)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

ABSTRAK Tujuan – Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode inkuiri pada siswa kelas VII A MTsN 6 Gunungkidul tahun pelajaran 2021/2022. Metode – Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu kajian yang dilakukan secara sistematis dan reflektif terhadap berbagai tindakan guru dalam kegiatan belajar mengajar didalam kelas sehingga dapat memperbaiki kualitas pembelajaran maupun kualitas prestasi belajar. Proses pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah dengan teknik tes yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS) yang tercantum dalam RPP, maupun non tes yang berupa lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIIA MTsN 6 Gunungkidul, pada mata pelajaran IPS menunjukkan bahwa sejak diawali dari pra-siklus kemudian pada saat siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan sekali. Ini dapat dilihat pada hasil skor nilai ulangan harian siswa pada saat pra-siklus, siklus I dan siklus II berikut ini : pada saat prasiklus siswa yang dapat mencapai nilai KKM 75 baru mencapai ada 22% artinya baru ada 7 anak dari 30 siswa selanjutnya setelah diadakan tindakan siklus I meningkat menjadi 58 % dan pada siklus II meningkat menjadi 93% artinya sejak pra-siklus hingga siklus II meningkat pesat dari 22% menjadi 93% atau meningkat sebesar 71%. Dengan demikian maka penggunaan metode inkuiri mampu memberikan kontribusi kenaikan atau peningkatan hasil belajar siswa kelas VIIA MTsN 6 Gunungkidul.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...