IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 1 No. 1 (2022)

Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran ICARE Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII D MTsN 9 Bantul

Noor Shofiyati (Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Bantul)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

ABSTRAK Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran ICARE terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi persamaan garis lurus kelas VIII D MTsN 9 Bantul. Metode – Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, dengan metode pengumpulan data dokumentasi, observasi dan tes. Subjek penelitian ini berjumlah 32 siswa. Teknik analisis data menggunakan persentase deskriptif. Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil pada siklus I menunjukkan skor rata-rata keaktifan siswa pada siklus I sebesar 2,5 (kategori sedang), pada siklus II sebesar 2,9 (kategori sedang), dan siklus III sebesar 3,2 (kategori tinggi). Maka model ICARE dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Sedangkan untuk hasil belajar pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 67,19 dengan ketuntasan klasikal 31%. Pada siklus II sebesar 79,59 dengan ketuntasan klasikal 56%. Pada siklus III nilai rata-rata siswa sebesar 83,16 dengan ketuntasan klasikal 88%. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar. Maka model ICARE dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...