IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 1 No. 1 (2022)

Penguatan Kompetensi Guru Melalui Peran Role Model di MTsN 10 Sleman

Busyroni Majid (Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Sleman)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

ABSTRAK Tujuan – Capaian Nilai Kinerja Guru Pemula (NKGP) oleh guru pembimbing, kepala madrasah dan pengawas pada 4 kompetensi guru CPNS yang berasal dari non-kependidikan di MTsN 10 Sleman sebesar 69,24 dengan predikat kurang. Predikat kurang menunjukkan ada masalah yang perlu diselesaiakan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh peran role model dalam meningkatkan kompetensi guru di MTsN 10 Sleman. Metode – Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu dengann menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil – Temuan dari penelitian ini yaitu capaian Nilai Kinerja Guru Pemula (NKGP) adalah sebagai berikut, dari guru pembimbing untuk 4 kompetensi guru CPNS diperoleh hasil sebesar 83,93 dengan predikat baik, dari kepala madrasah sebesar 75,00 dengan predikat cukup dan dari pengawas madrasah sebesar 75,00 dengan predikat kurang. Rerata ketiga penilai diperoleh 77,98 dengan predikat cukup, dengan nilai acuan standar sebesar 75. Jumlah skor maksimal untuk 4 kompetensi adalah 56 dari 14 item. Persepsi terhadap nilai tersebut untuk 4 kompetensi dinyatakan telah memenuhi persyaratan untuk menjadi guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...