IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 1 No. 1 (2022)

Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas 5 Melalui Metode Pembelajaran Mencongak di MIN I Yogyakarta

Sumarsih Sumarsih (Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

ABSTRAK Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran matematika dan hasil belajar matematika dengan metode pembelajaran Mencongak. Metode – Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5B yang berjumlah 30 siswa. Adapun teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi, observasi dan tes. Data dianalisi dengan menggunakan statistik deskriptif dengan persentase capaian belajar keseluruhan siswa. Untuk mengetahui terdapat peningkatan hasil belajar dalam penelitian ini yaitu didasarkan pada ketetapan KKM. Hasil – Temuan dari penelitian ini bahwa metode pembelajaran Mencongak terbukti dapat meningkatkan keaktifan, efektifitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Dengan methode ini siswa yang mencapai nilai di atas KKM ada 24 siswa dengan persentase 80%, sedangkan siswa yang mencapai nilai di bawah KKM ada 6 anak dengan persentasi 20 %, peningkatan hasil belajar ini terlihat pada nilai rata-rata yang dicapainya, yaitu sebesar 86,2. Sebuah nilai yang melampoi KKM, sedangkan nila rata-rata yang telah dicapai sebelumnya sebesar 33,7 sebuah nilai yang masih di bawah KKM. Keterbatasan penelitian ini hanya dilakukan di MIN I Yogyakrta, kelas 5B dengan jumlah 30 siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...