ABSTRAK Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode langsung terhadap peningkatan maharah al-kalam siswa MAN 2 Sleman, Yogyakarta. Metode – Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang terdiri dari 2 siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2. Setiap siklus dilaksanakan dalam 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode analisis diskriptif. Data-data kuantitatif yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest siswa dianalisis menggunakan rumus statistik sederhana untuk mengetahui rata-ratanya. Hasil – Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terjadi peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan penerapan metode langsung atau direct method (thariqah mubasyirah). Hal ini dapat diketahui berdasarkan nilai rata-rata dari siklus I dan siklus II, yaitu: pertemuan pertama siklus I 56,3, pertemuan kedua siklus I 65,5. Dan pertemuan pertama siklus II 77,5 dan pertemuan kedua siklus II 84,1. Dari hasil tersebut diperoleh prosentase kenaikan dari pertemuan I ke pertemuan II sebesar 16,3%, pertemuan II ke pertemuan III 18,3%, dan dari pertemuan III ke pertemuan IV sebesar 8,5%.
Copyrights © 2022