IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 1 No. 1 (2022)

Penerapan Metode Langsung Untuk Meningkatkan Maharah Al-Kalam Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman

Hariyanto Hariyanto (Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

ABSTRAK Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode langsung terhadap peningkatan maharah al-kalam siswa MAN 2 Sleman, Yogyakarta. Metode – Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang terdiri dari 2 siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2. Setiap siklus dilaksanakan dalam 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode analisis diskriptif. Data-data kuantitatif yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest siswa dianalisis menggunakan rumus statistik sederhana untuk mengetahui rata-ratanya. Hasil – Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terjadi peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan penerapan metode langsung atau direct method (thariqah mubasyirah). Hal ini dapat diketahui berdasarkan nilai rata-rata dari siklus I dan siklus II, yaitu: pertemuan pertama siklus I 56,3, pertemuan kedua siklus I 65,5. Dan pertemuan pertama siklus II 77,5 dan pertemuan kedua siklus II 84,1. Dari hasil tersebut diperoleh prosentase kenaikan dari pertemuan I ke pertemuan II sebesar 16,3%, pertemuan II ke pertemuan III 18,3%, dan dari pertemuan III ke pertemuan IV sebesar 8,5%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...