IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 1 No. 1 (2022)

Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Iklan Siswa Kelas V-A MI Negeri 1 Yogyakarta

Tri Suhartiningsih (Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

ABSTRAK Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning materi iklan media cetak siswa kelas V-A MI Negeri 1 Yogyakarta. Metode – Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang terdiri dari 2 siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V A MIN 1 Yogyakarta. Setiap siklus dilaksanakan dalam 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode analisis diskriptif. Hasil – Dalam penelitian ini, diperoleh hasil sebagai berikut, pada saat siklus I rata-rata hasil tes akhir evaluasi siswa adalah 77% dengan banyak siswa yang tuntas hanya 23 siswa dari 30 siswa, dan setelah dilakukannya tindakan siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yaitu 90% dengan jumlah siswa yang tuntas 27 dari 30 siswa. Dengan demikian hasil penelitian di MI Negeri 1 Yogyakarta telah tercapai dengan baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...