ABSTRAK Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning materi iklan media cetak siswa kelas V-A MI Negeri 1 Yogyakarta. Metode – Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang terdiri dari 2 siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V A MIN 1 Yogyakarta. Setiap siklus dilaksanakan dalam 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode analisis diskriptif. Hasil – Dalam penelitian ini, diperoleh hasil sebagai berikut, pada saat siklus I rata-rata hasil tes akhir evaluasi siswa adalah 77% dengan banyak siswa yang tuntas hanya 23 siswa dari 30 siswa, dan setelah dilakukannya tindakan siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yaitu 90% dengan jumlah siswa yang tuntas 27 dari 30 siswa. Dengan demikian hasil penelitian di MI Negeri 1 Yogyakarta telah tercapai dengan baik.
Copyrights © 2022