IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 1 No. 1 (2022)

Efektivitas Pendekatan Proses dengan Teknik Deskripsi, Interpetasi, dan Evaluasi (DIE) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa

Yuni Iswari Dewi (Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Bantul)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

ABSTRAK Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan keefektifan pembelajaran menulis yang menggunakan pendekatan proses dengan teknik DIE dan yang tanpa menggunakan pendekatan proses dengan teknik DIE. Metode – Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa SD Negeri di wilayah Tirtonirmolo, sebanyak empat SD Penentuan sampelnya dilakukan simple random sampling, sehingga diperoleh SD Padokan II Tirtonirmolo kemudian penentuan kelas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan cara random dan diperoleh kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Sebelum dilakukan analisis data, dilakukan uji persyaratan analisis data yang berupa uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varians. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji t dan uji Tuckey's. Hasil – Skor rerata pre-test kelompok eksperimen adalah 66,41 dan skor rerata pre- test untuk kelompok kontrol adalah 66,31. Skor rerata post-test kelompok eksperimen adalah 83,66 dan skor rerata post-test kelompok kontrol adalah 77,35 Hasil penelitian menunjukkan: (1) berdasarkan hasil uji t, skor pre-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak ditemukan perbedaan skor yang signifikan, sedangkan hasil uji t antarkelompok skor post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan ditemukan perbedaan, dibuktikan nilai t t lebih besar dari t h (db=53) yaitu t h=7,120 dan t t=2,007. Dengan demikian, ada perbedaan antara pembelajaran menulis eksperimen lebih besar dari skor rerata kelompok kontrol. Kemudian diperoleh nilai HSD test skor post-test sebesar 0, 1199. Dengan uji Tuckey's dimana selisih skor mean kelompok eksperimen dan kelompok kontrol lebih besar daripada nilai HSD test sebesar 6,309 > 0,1199, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis menggunakan pendekatan proses dengan teknik DIE efektif dibandingkan pembelajaran menulis dengan tanpa menggunakan pendekatan proses dengan teknik DIE.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...