IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 1 No. 1 (2022)

Visualisasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Butir Soal Cerita Matematika di Kelas VI MI Negeri 1 Yogyakarta

Tutik Mawarti (Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

ABSTRAK Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dengan memvisualkan soal cerita ke bentuk gambar dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika peserta didik MI Negari 1 Yogyakarta. Metode – Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu kajian yang dilakukan secara sistematis dan reflektif terhadap berbagai tindakan guru dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas sehingga dapat memperbaiki kualitas pembelajaran maupun kualitas prestasi belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Negeri 1 Yogyakarta dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil – Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata- rata 80,1 dengan persentase ketuntasan 60% pada siklus I menjadi rata-rata 86,5 dengan persentase ketuntasan 87% pada siklus II. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa menvisualkan soal ke bentuk gambar dapat meningkatkan pemahaman soal cerita Matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...