IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 1 No. 1 (2022)

Evaluasi Program SKS dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan di MAN 4 Bantul

Singgih Sampurno (Madrasah Aliyah Negeri 4 Bantul)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan program sistem kredit semester (SKS) di MAN 4 Bantul. Metode – Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi formatif yang dikembangkan oleh Scriven. Dalam penelitian ini, kriteria evaluasi ditetapkan sebelum pengumpulan data, yang dikembangkan melalui kajian pustaka dan berdasarkan pada pedoman penyelenggaraan program SKS yang disusun oleh Tim Pengelola SKS MAN 4 Bantul. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif menurut Miles dan Huberman yang meliputi empat kegiatan utama, yaitu: pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil – Hasil penelitian menunjukkan: (1) Sistem seleksi peserta program SKS dilakukan secara objektif dan transparan dengan menggunakan prosedur yang telah ditentukan oleh madrasah, (2) Pendanaan untuk program SKS bersumber dari dana BOS dan Komite (3) Fasilitas Layanan SKS masih belum ideal, perlu disiapkan sarana prasarana pembelajaran yang memadai untuk terselenggaranya program SKS, dan (4) Prestasi belajar siswa SKS baik di bidang akademik, keagamaan maupun bidang non akademik perlu ditingkatkan dalam rangka persiapan ke PTN/PTS.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...