IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 1 No. 1 (2022)

Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun RPP Melalui Supervisi Akademik di MIN 1 Gunungkidul Kemenag Kab. Gunungkidul Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022

Fuatul Hakim (Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Gunungkidul)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

ABSTRAK Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru menyusun RPP melalui supervisi akademik di MIN 1 Gunungkidul Kemenag Kab. Gunungkidul Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode – Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang terdiri dari 2 siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 6 guru kelas MIN 1 Gunungkidul semester I Tahun Pelajaran 20212/2022. Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi kepala madrasah mampu meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis penelitian awal yang menunjukkan bahwa skor penyusunan RPP yang dibuat guru baru mencapai 70,1. Setelah dilakukan penelitian diperoleh peningkatan 79,7 atau terdapat kenaikan 9,7 pada siklus 1. Penelitian dilanjutkan pada siklus 2 dengan beberapa perbaikan, diantaranya supervisi individu lebih intensif dan rutin, satu minggu yang biasanya hanya satu kali ditingkatkan menjadi 2 kali. Berdasarkan hasil supervisi akademik pada siklus 2 ada peningkatan skor kompetensi guru dalam menyusun RPP yaitu 88, 2 atau 8,5 dari hasil penelitian pada siklus 1 yang baru mencapai 79,7.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...