IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 1 No. 2 (2022)

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Operasi Hitung Bilangan Pecahan dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas V

Isnaini Badaruddin (1MIN 1 Gunungkidul)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dalam pembelajaran operasi hitung bilangan pecahan pada siswa kelas V A MIN 1 Gunungkidul Yogyakarta dengan menggunakan pendekatan realistik. Metode – Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas V A MIN 1 Gunungkidul Yogyakarta yang berjumlah 15 siswa dan guru kelas V A. Obyek penelitian adalah hasil belajar operasi hitung bilangan pecahan menggunakan pembelajaran matematika realistik. Untuk menguji validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas konstrak dengan menggunakan pendapat ahli (experts jugdement). Data hasil penelitian diperoleh dari observasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar menggunakan pendekatan matematika realistik adalah 67,00 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 78,33 pada siklus II. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar hanya 54,29% meningkat menjadi 75,68% pada siklus II.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...