IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 1 No. 2 (2022)

Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika Materi Vektor Melalui Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas X

Lina Mutiasih (MAN I Bantul Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Fisika materi vektor dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas X MIPA 3 MAN 1 Bantul. Metode – Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang ingin di capai. Setiap siklus terdiri dari dua (2) kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Sedangkan indikator keberhasilan, sekurang-kurangnya 75%, peserta didik dapat memahami materi Vektor, ketuntasan belajarnya mencapai 80%, peserta didik memperoleh nilai > 75, memiliki aktivitas siswa meningkat sekurang-kurangnya 75%. Hasil – Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan model pembelajaran dengan menerapkan problem based learning dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika peserta didik kelas X MIPA3 semester I di MAN 1 Bantul Tahun Pelajaran 2022-2023 yang dibuktikan dengan rata-rata persentase aktivitas pada siklus I sebesr 76,87%, sedangkan rata-rata persentase aktivitas pada siklus II sebesr 81,46%. Sedangkan untuk hasil belajar fisika juga mengalami peningkatan. Persentase siklus I dari pretest besarnya ketuntasan 28,17% dan postest dengan ketuntasan 75,00. Adapun Persentase siklus II dari pretest ketuntasan sebesar 66,67% dan posttest ketuntasan sebesar 100% dengan nilai rata-rata 81,00.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...