Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun DUPAK kenaikan pangkat melalui pendampingan individu di MAN 1 Bantul. Metode – Penelitian ini merupakan penelitian tindakan madrasah dengan populasi dalam penelitian yaitu guru PNS MAN 1 Bantul yang berjumlah 43 orang. Adapun sampel yang diambil adalah 15 orang guru. Penelitian dilakukan dalam kurun waktu 9 bulan, dari bulan Maret – November 2022. Penelitian ini dilakukan menggunakan model spiral atau siklus yang menurut Kemmis dan Taggart meliputi empat komponen, yaitu; perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Adapun indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah terjadinya peningkatan skor rata-rata pada tiap siklus dan mencapai ketuntasan klasikal ≥80%. Hasil – Berdasarkan hasil penelitian diperoleh faktor penyebab banyak guru PNS di MAN 1 Bantul tidak naik pangkat lebih dari 4 tahun antara lain, sikap apatis setelah mencapai golongan IVa, tidak ada motivasi dan semangat, kurangnya unsur pengembangan diri, sudah melakukan pengembangan diri namun tidak menyusun laporan, terkendala dalam membuat PI/KI, merasa nilainya belum cukup, kesulitan menyusun dan mengumpulkan berkas. Adapun pendampingan individu ternyata dapat meningkatkan kemampuan guru MAN 1 Bantul menyusun DUPAK kenaikan pangkat.
Copyrights © 2022