IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 1 No. 2 (2022)

Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Madrasah Aliyah dalam Menyusun DUPAK Kenaikan Pangkat dengan Pendampingan Individu

Khoiriyatun Khoiriyatun (Madrasah Aliyah Negeri 1 Bantul)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun DUPAK kenaikan pangkat melalui pendampingan individu di MAN 1 Bantul. Metode – Penelitian ini merupakan penelitian tindakan madrasah dengan populasi dalam penelitian yaitu guru PNS MAN 1 Bantul yang berjumlah 43 orang. Adapun sampel yang diambil adalah 15 orang guru. Penelitian dilakukan dalam kurun waktu 9 bulan, dari bulan Maret – November 2022. Penelitian ini dilakukan menggunakan model spiral atau siklus yang menurut Kemmis dan Taggart meliputi empat komponen, yaitu; perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Adapun indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah terjadinya peningkatan skor rata-rata pada tiap siklus dan mencapai ketuntasan klasikal ≥80%. Hasil – Berdasarkan hasil penelitian diperoleh faktor penyebab banyak guru PNS di MAN 1 Bantul tidak naik pangkat lebih dari 4 tahun antara lain, sikap apatis setelah mencapai golongan IVa, tidak ada motivasi dan semangat, kurangnya unsur pengembangan diri, sudah melakukan pengembangan diri namun tidak menyusun laporan, terkendala dalam membuat PI/KI, merasa nilainya belum cukup, kesulitan menyusun dan mengumpulkan berkas. Adapun pendampingan individu ternyata dapat meningkatkan kemampuan guru MAN 1 Bantul menyusun DUPAK kenaikan pangkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...