Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi supervisi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Raudhatul Athfal (RA) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) oleh pengawas madrasah Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Metode – Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 (tiga) orang pengawas madrasah dasar RA dan MI jenjang jabatan Pengawas Madya Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik keabsahan data triangulasi. Triangulasi yang digunakan yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan model craswell yang terdiri atas enam tahapan yakni mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, analisis mendetail, memberi kode, narasi deskripsi, dan menginterpretasikan data. Hasil – Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa kegiatan supervisi telah dilakukan secara terorganisir dan diatur secara menyeluruh dengan pengaturan, pelaksanaan, penilaian, dan tindak lanjut. Selain itu juga terdapat kepercayaan yang terbuka terhadap kualitas dan pelaksanaan tenaga pengajar. Hal inilah yang mendorong Kepala sekolah untuk secara konsisten menilai program-program pembinaan keilmuan dalam menjaga kepercayaan dan meningkatkan kualitas kinerja guru dalam meningkatkan pembelajaran.
Copyrights © 2022