IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 1 No. 2 (2022)

Strategi Supervisi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran RA dan MI Oleh Pengawas Kemenag Kabupaten Bantul

Samsudin Samsudin (Kementerian Agama Kabupaten Bantul)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi supervisi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Raudhatul Athfal (RA) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) oleh pengawas madrasah Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Metode – Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 (tiga) orang pengawas madrasah dasar RA dan MI jenjang jabatan Pengawas Madya Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik keabsahan data triangulasi. Triangulasi yang digunakan yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan model craswell yang terdiri atas enam tahapan yakni mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, analisis mendetail, memberi kode, narasi deskripsi, dan menginterpretasikan data. Hasil – Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa kegiatan supervisi telah dilakukan secara terorganisir dan diatur secara menyeluruh dengan pengaturan, pelaksanaan, penilaian, dan tindak lanjut. Selain itu juga terdapat kepercayaan yang terbuka terhadap kualitas dan pelaksanaan tenaga pengajar. Hal inilah yang mendorong Kepala sekolah untuk secara konsisten menilai program-program pembinaan keilmuan dalam menjaga kepercayaan dan meningkatkan kualitas kinerja guru dalam meningkatkan pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...