IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 1 No. 2 (2022)

Pengembangan Modul Matematika pada Materi Teorema Pythagoras dengan Pendekatan Problem Based Learning

Nur Idiah Asmarawati (Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Gunungkidul)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Tujuan – Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan Problem Based Learning pada materi Teorema Pythagoras yang valid, praktis dan efektif untuk siswa kelas VIII SMP/MTs. Metode – Metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan produk adalah research and development dengan Model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini menggunakan survei validitas, survei respon siswa, dan keefektifan modul. Hasil – Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor pada uji validitas, modul pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning ditempatkan pada kategori valid dengan persentase 89,58 untuk substansi dan 77,14 untuk media. Sementara itu, jawaban siswa termasuk modul pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning dengan 78,30 persen kategori praktis. Hasil belajar setelah pembelajaran kelas eksperimen mendapat nilai 54,691, lebih tinggi dari nilai setelah pembelajaran kelas referensi 46,356. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran matematika dengan pendekatan Problem Based Learning sudah efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...