IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 1 No. 2 (2022)

Meningkatan Aktivitas Belajar Kimia Materi Reaksi Redoks Menggunakan Model PjBL di Madrasah Aliyah

Bowo Bowo (Madrasah Aliyah Mu’allimin Muhammadiyah)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Tujuan – penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar kimia materi reaksi redoks menggunakan Model PjBL (Project Based Learning) pada peserta didik Kelas X MIA 1 MA Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Metode – Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model penelitian Kemis dan Mc Taggart. Model Mc Taggart ini terdiri dari empat komponen yang berurutan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MIA 1 MA Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta berjumlah 33 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan lembar observasi dan wawancara. Adapun indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah terjadinya peningkatan skor rata-rata keaktifan siswa materi reaksi redoks pada tiap siklus dan mencapai ketuntasan klasikal ≥80%. Hasil – Temuan - Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata skor kualitas kegiatan belajar siswa adalah 73,5 dengan persentase ideal sebesar 66,8% sehingga hasil tersebut dapat dikategorikan sangat baik. Pada siklus I nilai rata-rata adalah 103 dengan rasio sempurna 93,6% yang termasuk dalam kategori sangat baik pada siklus II dari penilaian guru kolaborator. Sebagai pembanding evaluasi oleh siswa memperoleh skor rata-rata 77,2 dengan persentase ideal 70,2%, sehingga termasuk dalam kategori sangat baik pada siklus I dan skor rata-rata 102,6 dengan rasio sempurna 93,3%, sehingga termasuk dalam kelas sangat baik pada siklus II.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...