IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 1 No. 2 (2022)

Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Metode Analyzing, Singing, and Presenting (ASIP) pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Song Lyrics Siswa Kelas X

Noor Hayanti (Madrasah Aliyah Negeri 5 Sleman)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X MIPA MAN 5 Sleman melalui penggunaan metode analyzing, singing, and presenting (ASIP) pada mata pelajaran bahasa Inggris. Metode – Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model penelitian Kemis dan Mc Taggart. Model Mc Taggart ini terdiri dari empat komponen yang berurutan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi, yang dalam pelaksanaan dan pengamatannya dilakukan secara bersamaan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MIPA MAN 5 Sleman. Untuk mengetahui respon dan keaktifan siswa, penulis melakukan observasi dengan menggunakan instrument keaktifan belajar siswa. Pengamatan dilakukan dua kali, yakni sebelum dilakukan tindakan dan setelah diberi tindakan dengan menggunakan metode ASIP. Data yang diperoleh melalui tes tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil – Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil pengamatan kondisi awal menunjukkan bahwa siswa yang kekatifannya pada kategori rendah mencapai 35,7%, kategori sedang 46,4%, dan kategori tinggi hanya sebesar 17,9%. Sedangkan hasil pengamatan kondisi akhir menunjukkan bahwa pada kategori rendah mencapai 0%, kategori sedang 60,7%, dan kategori tinggi hanya sebesar 39,3%. Data tersebut menunjukkan terjadi peningkatan keaktifan belajar yang cukup berarti. Dengan demikian strategi mengajar Bahasa Inggris guru metode ASIP memberi dampak pada peningkatan keaktifan belajar Bahasa Inggris.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...